Lowongan Kerja Terbaru Perusahaan BUMN, Persero, Bank, CPNS

Surat Lamaran Kerja Yang Memikat

Didalam melamar pekerjaan, tentunya Surat lamaran kerja menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Walaupun hanya berupa secarik kertas, namun Surat lamaran kerja sangat menentukan dan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima kita bekerja di sana. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat Surat lamaran kerja yang bisa "menjual" Anda di depan para penyeleksi dari perusahaan tempat Anda melamar.

Berikut ini beberapa hal yang harus perhatikan saat membuat surat lamaran kerja, agar lamaran kerja yang Anda buat dapat memikat perusahaan yang Anda masuki lamaran kerja.

1. Kepribadian Anda
Sebaiknya Anda membuat surat lamaran kerja yang sepersonal mungkin. Dan Anda harus membuat surat lamaran kerja yang sangatlah berbeda dengan surat lamaran kerja yang dibuat oleh para pelamar yang lainnya. Lantas bagaimana caranya? Caranya Anda bisa menggunakan pemilihan kata bahkan penggunaan bahasa yang baik dalam surat lamaran kerja yang Anda buat. Anda juga bisa menggunakan bahasa yang memiliki makna positif serta komunikatif, dan hal itu nantinya bisa mencerminkan diri Anda yang memiliki jiwa energik serta selalu memiliki semangat yang tinggi juga motivasi yang tidak kalah tingginya untuk terus berkembang.

2. Keahlian yang Anda Cantumkan di Surat Lamaran
Sebaiknya Anda tidak menuliskan semua kemampuan yang Anda miliki pada surat lamaran kerja yang Anda buat, apalagi yang jelas-jelas tidak berhubungan dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut. Anda hanya cukup mencantumkan beberapa keahlian yang Anda miliki yang memang sesuai dengan posisi yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut yang memang akan Anda lamar. Anda juga harus mampu meyakinkan kepada pihak perusahaan kalau Anda merupakan seseorang yang profesional.

3. Tampilan Surat Lamaran Anda
Ketika surat lamaran kerja yang Anda kirimkan kotor serta lecek, maka hal tersebut akan memberikan citra yang buruk kepada diri Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengusahakan kalau tampilan surat lamaran kerja Anda bersih serta rapi. Jika Anda membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan tulisan tangan, Anda harus mengusahakan agar tidak membuat banyak coretan. Bukan hanya itu, jika Anda membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan tulisan tangan, Anda juga harus membuatnya serapih mungkin juga mampu dibaca oleh orang yang membacanya.

4. Seberapa Besar Anda Menginginkan Posisi Tersebut
Pada bagian penutup surat, mungkin Anda bisa menyampaikan dengan cara yang sopan terkait harapan Anda agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang Anda tuju ini.

5. Hal-Hal yang Tampak Sederhana Tetapi Penting
Mungkin ada beberapa hal yang terlihat tidaklah penting bagi Anda, namun hal-hal tersebut sangatlah penting untuk menentukan seberapa besar kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda incar. Misalnya seperti kontak informasi yang jelas, foto yang Anda lampirkan di dalam berkas lamaran kerja, juga beberapa kelengkapan lainnya yang memang mampu mendukung kelanjutan karir Anda.

Semoga tips cara membuat surat lamaran kerja ini bermanfaat, jadi persiapkan diri anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil…


Facebook Twitter Google+
 
Back To Top