Lowongan Kerja Terbaru Perusahaan BUMN, Persero, Bank, CPNS

Cara Membuat dan Menyusun Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat Surat lamaran kerja memang merupakan point penting pembuka yang bisa menentukan apakah anda dapat diterima ataupun ditolak oleh sebuah perusahaan. Kesalahan fatal dapat membuat surat lamaran kerja kamu langsung masuk tong sampah. Pada dasarnya hal ini bisa dibilang mudah terlihat tapi pada pelaksanaannya susah banget . Untuk sejumlah orang membuat surat menyurat adalah hal yang sangat mudah bila anda sudah terbiasa. Tetapi kebalikannya buat anda yang jarang ataupun tidak pernah membuat surat, hal ini cukup menyiksa yang dapat membuat kamu tidak bisa tidur.  Pada kesempatan ini kami akan mencoba membantu anda untuk tidak terbiasa membuat surat tetapi anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Dan inilah beberapa point penting dalam membuat Surat Lamaran Kerja :
  • Untuk anda yang melamar pada perusahaan BUMN ada baiknya anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Anda hanya perlu menggunakan bahasa yang baik tetapi jelas. Hal ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kepribadian anda. Dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan santun merupakan sebuah nilai tambah tentunya untuk anda.  
  • Hal yang perlu kamu coba ! Untuk sekarang ini memang banyak sekali lowongan pekerjaan yang apabila kita ingin melamar, surat lamaran dan CV dikirimkan ke email. Akan tetapi apabila yang dituju berupa alamat, Cobalah membuat surat dengan menggunakan tulisan tangan anda sendiri. Jangan di ketik ataupun di print. Kembali lagi hal ini akan menjadi sebuah nilai tambah untuk kamu !
  • Buat Surat lamaran pekerjaan yang anda mau sesuai dengan kebenaran yang pernah / sedang anda alami. Jangan melebih - lebihkan dengan maksud show off dan berharap terpilih untuk mengikuti Wawancara kerja / interview. Biasakan jujur apa adanya sob !
Demikian 3 point penting Cara membuat Surat Lamaran kerja yang harus anda perhatikan! Selain 3 hal penting tersebut, memang masih banyak beberapa cara membuat surat lamaran kerja seperti, kelengkapan surat, dan lain sebagainya. Serta berikut Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja nya sob…..

Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja

Didalam melamar pekerjaan, tentunya Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Walaupun hanya berupa secarik kertas, namun CV sangat menentukan dan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima kita bekerja di sana. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat CV yang bisa "menjual" Anda di depan para penyeleksi dari perusahaan tempat Anda melamar.

Berikut Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja yang memiliki nilai jual :

1. Gunakan kertas putih bersih dan polos
Untuk menulis CV, seharusnya kita menggunakan kertas yang bersih sehingga dapat membuat penyeleksi mudah dan nyaman dalam membaca. Selain itu, jangan tambahankan background image karena akan terkesan kurang formal.

2. Jenis huruf standar
CV harus ditulis dalam bentuk surat resmi untuk membangun suasana formal. Untuk itu, gunakanlah huruf yang biasanya sering digunakan dalam surat resmi, seperti arial atau times new roman. Dengan begitu perusahaan bisa melihat keseriusan dan rasa hormat Anda terhadap perusahaan tersebut.

3. Tata bahasa, tanda baca dan ejaan
Sama halnya dengan surat lamaran, CV juga harus ditulis dengan tata bahasa yang benar. Hal itu bertujuan agar penyeleksi dapat dengan mudah membaca dan mencerna maksud Anda. Selain itu, penggunaan tanda baca dan ejaan juga penting. Anda harus memperhatikan di mana Anda harus menggunakan tanda koma atau titik pada tata bahasanya.

4. Penampilan yang rapi dan indah
Untuk membuat CV yang terlihat rapi, Anda dapat menyusun susunan baris, kolom atau tabel sebaik mungkin. Kerapian ini dapat memberi kesan kepada penyeleksi bahwa Anda adalah orang yang teratur, rapi dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Sedangkan keindahan mencerminkan Anda sosok yang kreatif, kaya akan ide, dan memiliki kepekaan sosial.

5. Eksplisit
Anda harus menulis setiap informasi dalam CV secara jelas dan detail, agar penyeleksi dapat mengerti maksud dan tujuan Anda.

6. Isi singkat dan padat
Tim penyeleksi tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca CV Anda. Oleh karena itu, buatlah CV yang singkat namun dapat menarik perhatian dalam waktu beberapa detik saja.

7.Tulislah CV dengn jujur
Di dalam CV, jangan melebih-lebihkan potensi atau merendahkan prestasi Anda. Tulislah CV sesuai dengan keadaan yang ada, karena perusahaan akan lebih menghargai kejujuran Anda.

8. Sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan
Setiap perusahaan memiliki kualifikasi dan spesifikasi tersendiri. Karenanya, Anda harus membuat CV yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

9. Rekomendasi
Terkadang penyeleksi akan menghubungi orang-orang terdekat Anda untuk menanyakan hal-hal penting mengenai Anda. Jadi, sebaiknya Anda memilih dan mencantumkan orang yang tepat sehingga dapat memberikan informasi positif tentang diri Anda.

10. Konsistensi karier
Konsistensi karier menjadi salah satu kunci penting untuk Anda dapat diterima bekerja. Jika Anda memiliki hal ini, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang memiliki kemampuan dan kemahiran di bidang tertentu.

Semoga informasi dan tips Cara Membuat dan Menyusun Surat Lamaran Kerja ini dapat bermanfaat, Jadi persiapkan diri anda untuk menjadi yang terpilih dan semoga berhasil....

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top